Teknologi dan Edukasi

Teknologi.. Siapa yang tidak kenal dengan istilah ini. Setidaknya sebagian besar orang pernah mendengar istilah ini dan merasakan betul kegunaannya dalam kehidupan kita.

Tidak dapat dipungkiri bahwa segala aspek dari kehidupan kita tidak bisa lepas dari teknologi. Salah satunya saja pendidikan. Sekarang ini boleh dikatakan bahwa teknologi adalah nyawa untuk dapat bersaing di era globalisasi ini. Maka dari itu jangan heran bila sekarang ini anak-anak sekolah dasar pun sudah “dicekoki” dengan hal-hal yang berbau teknologi. Namun semua itu akan berdampak positif di kemudian hari. Karena teknologi tentunya akan terus berkembang seiring perkembangan zaman, di mana kebutuhan manusia makin kompleks.

Makna kata teknologi memang luas. Aspek kehidupan yang terkandung di dalamnya juga sangat banyak dan saling terkait satu sama lain. Namun sekarang saya hanya ingin membahas tentang teknologi di dalam dunia pendidikan, khususnya di perguruan tinggi. Kebetulan saya adalah seorang mahasiswi di sebuah perguruan tinggi swasta yang sudah menjunjung tinggi teknologi, yaitu Universitas Gunadarma.

Universitas Gunadarma adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang sudah berbasis IT (Teknologi Informasi). Artinya dalam urusan yang menyangkut belajar mengajar, antara mahasiswa maupun dosen tak bisa lepas dari teknologi. Contonya saja, Universitas Gunadarma memiliki website yang khusus ditujukan bagi para mahasiswa, yaitu Studentsite. Studentsite adalah sebuah website yang memang ditujukan bagi para mahasiswa Gunadarma. Tujuannya adalah untuk membiasakan para mahasiswa untuk terbiasa dengan teknologi informasi. Semua mahasiswa Gunadarma diwajibkan untuk mempunyai account studentsite. Gunanya adalah untuk menunjang proses belajar mengajar. Melalui studentsite, mahasiswa bisa memperoleh pengumuman terbaru mengenai perkuliahan. Selain itu mahasiswa bisa mengecek nilai mereka melalui studentsite.

Fitur-fitur yang terkandung dalam Studentsite adalah:

* Home
* WWW News
* BAAK News
* Lecture Messages
* Rangkuman nilai
* Jadwal Kuliah
* Jadwal Ujian
* Bebas Perpustakaan
* Surat Keterangan
* Infor Absesnsi
* Pendaftaran Lomba Blog
* Info Seminar (UG portfolio)
* Tulisan (UG portfolio)
* Tugas (UG portfolio)
* Warta Warga
* Blog Komunitas Perbankan
* Blog Komunitas Linux
* Blog Komunitas Fotografi
* Blog Komunitas Robotika
* Blog Komunitas Arsitektur
* Blog Komunitas Ekonomi Syariah
* Blog Komunitas Pasar Modal

Umumnya para dosen akan mengupload tugas yang ditujukan kepada mahasiswa melalui Lecture Messages. Sehingga dapat memudahkan mahasiswa untuk mengetahui tugas yang harus mereka kerjakan tanpa harus bertatapan muka secara langsung dengan sang dosen. Selain itu mahasiswa bisa men-submit link artikel blog mereka melalui Tulisan (UG Portofolio). Atau bila tulisan itu merupakan tugas yang diberikan dosen, mahasiswa wajib mencantumkan linknya di Tugas (UG Portofolio). Masih banyak lagi keunggulan-keunggulan dari Studentsite. Namun sayangnya, website ini hanya dapat digunakan oleh mahasiswa Gunadarma saja. Namun situs-situs yang dimiliki oleh Gunadarma tak hanya itu saja. Bagi orang luar yang juga ingin tahu tentang informasi terbaru mengenai perkuliahan dan lain sebagainya, dapat mengunjungi BAAK Online.

BAAK Online adalah situs resmi Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan. BAAK Online sengaja dibuat untuk membantu mahasiswa mempermudah mengetahui informasi-informasi seputar perkuliahan. Sesungguhnya semua informasi dapat disampaikan melalui Studentsite, namun Studentsite tak bisa diakses oleh orang luar yang tidak memiliki account studentsite, dengan kata lain Studentsite hanya bisa diakses oleh mahasiswa Gunadarma saja. Lalu bagaimana dengan orang yang tidak mempunyai account Studentsite, atau mahasiswa baru yang belum aktivasi account Studentsite namun ingin melihat informasi mengenai perkuliahan? Mudah saja. Semua itu dapat diperoleh di BAAK Online. Melalui situs ini juga kita dapat melihat nama-nama mahasiswa tahun ajaran baru beserta NPM dan kelasnya, kalender akademik selama 1 semester, daftar wali kelas, serta daftar ujian.

Semua website yang dibuat Gunadarma dengan tujuan membuat para menjadi mahasiswa yang mandiri dan dapat mengandalkan dirinya sendiri. Seperti ILab, sistem praktikum mandiri yang dibuat oleh Gunadarma dengan tujuan mendidik praktikan untuk bersikap mandiri dan bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil oleh dirinya sendiri. ILab bukanlah sekedar praktikum biasa. Dengan konsep praktikum mandiri, praktikan hanya dihadapkan pada sebuah komputer di mana perintah, langkah-langkah pengerjaan praktikum, dan permintaan jawaban atas suatu persoalan yang berkaitan dengan praktikumnya, dapat dilakukan melalui terminalnya masing-masing. Para asisten tidak berkewajiban untuk membantu para praktikan seperti Lab pada umumnya. Melalui website resmi ILab, para praktikan atau visitor lainnya dapat melihat pengenalan mengenai ILab, tata tertib praktikum, jadwal praktikum, serta praktikan dapat mendownload modul praktikumnya sendiri. Masih banyak lagi fitur-fitur yang ada di website ini.

Berikut ini beberapa situs lain yang dimiliki Universitas Gunadarma:

– Untuk mengetahui info seminar yang diadakan di Gunadarma, dapat mengunjungi situs UG Conference
– Untuk melihat karya tulis para mahasiswa Gunadarma dapat dilihat di UG Warta Warga
– Untuk mengetahui komunitas-komunitas yang terdapat di Gunadarma dapat dilihat di UG Community

Tertarik untuk tahu banyak tentang Universitas Gunadarma? Mudah saja. Kalian bisa mengunjungi situs resmi Universitas Gunadarma dan temukan banyak info di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: