Improve Your Interpersonal Skill

Interpersonal skill merupakan kemampuan yang berhubungan dengan kepribadian diri seseorang atashubungannya dengan pribadi lainnya. Interpersonal skill ini secara langsung maupun tidak sangat dibutuhkan bagi seseorang didalam kehidupan sosialnya, karena sebagai mahluk sosial manusia tidak dapat hidup sendiri, melainkan membutuhkan orang lain.

Kemampuan ini tidak didapat dari bangku pendidikan, melainkan didapat dari pengalaman serta hubungan dengan orang lain. Kemampuan ini ternyata sedikit demi sedikit dapat dilatih dan ditingkatkan. Berikut ini beberapa cara meningkatkan interpersonal skill :

1. Tersenyum (Smile)
Dengan tersenyum, anda secara tidak langsung sudah memperlihatkan kepribadian anda. Senyum merupakan ekspresi yang paling mudah dilakukan dan dapat mengidentifikasikan bahwa orang yang sedang tersenyum adalah pribadi yang ramah.

2. Apresiatif (Be Appreciative)
Hargailah setiap langkah dan perbuatan dalam hidup anda dan orang lain serta tanamkan sikap perfikir positif.

3. Perhatian (Pay attention to)

Berikanlah perhatian kepada seseorang, meskipun untuk hal hal yang sangat sederhana. Dengan anda memberikan perhatian, orang lain akan merasa bahwa anda peduli terhadapnya dan merasa nyaman dengan Anda.

4. Jadilah Pendengar yang Baik (Be a Good Listener)

Dengarlah keluh kesah orang lain yang mana anda dijadikan orang kepercayaannya untuk mendengarkan. Walau memang terkesan sulit untuk dilakukan, tetapi dengan menjadi pendengar yang baik, anda telah membuat orang lain merasa nyaman dan lega telah berbagi dengan anda.

5. Menyatukan Banyak Orang ( Bring People Together)

Berilah ruang bagi orang lain berperan dalan setiap langkah kehidupan anda. Karena dasar dari mahluk sosial adalah sosialisasi.

6. Mampu Meredam Masalah (Resolve Conflict)

Hindari sikap dan tindakan yang justru memperkeruh masalah. Hadapilah masalah dengan kepala dingin, sehingga semua masalah yang ada dapat diredam tanpa merugikan pihak lain dengan seluruh kemampuan yang anda punyai.

7. Komunikasi yang baik (Communicate Clearly)

Komunikasi merupakan salah satu media untuk bersosialisasi dengan orang lain. Hal ini sangat penting, oleh sebab itu dibutuhkan sebuah komunikasi yang baik dan terarah. Hindari kesalahpahaman komunikasi (miss communication) yang dapat menjadi cikal bakal masalah.

8. Rasa Humor (Humor Sense)

Didalam komunikasi dan hubungan dengan orang lain, tak pelak anda menemukan suatu suasana dimana terjadi sebuah ketegangan, perbedaan persepsi, terlalu kaku, atau terlalu serius. Suasana semacam ini dapat anda perbaiki kembali dengan sedikit humor yang akan mencairkan ketegangan yang ada. Humor pun dapat mempererat sebuah hubungan secara tidak langsung.

9. Empati dengan orang lain (Empahty)

Cobalah anda untuk merasakan apa yang orang lain rasakan. Hal ini disamping sebagai media untuk mengolah kepribadian anda, juga untuk menunjukkan perhatian anda dengan orang lain.

10. Jangan Menggerutu ( Don’t Complaint)

Kurangilah sikap suka menggerutu, Jika anda merasakan suatu kebosanan atau kepenatan, cukup anda redam perasaan seperti itu. Hal ini juga melatih manajemen emosi anda. Namun jikalau memang anda sudah tidak bisa menyimpan perasaan tersebut, anda boleh melakukannya dalam batas yang wajar saja.

Sumber
raveshader.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: