The Best Technology For System – Fixer Firm

Perkembangan zaman membuat teknologi turut berkembang dengan pesat. Khususnya di era globalisasi ini, semua hal dibuat seefisien mungkin untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia, mempersingkat waktu, dan menghemat biaya tentunya.

Dalam bidang bisnis, efisiensi tentunya amat dibutuhkan. Sebab hal itu menyangkut seberapa besar jumlah barang atau jasa yang diproduksi, yang akan berujung kepada besarnya profit yang diperoleh. Efisiensi merupakan kemampuan perusahaan dalam mengelola sumber daya yang dimiliki sehingga bisa menghasilkan produksi yang semaksimal mungkin. Dengan efisiensi, perusahaan bisa menekan biaya produksi dan meningkatkan profit. Namun adakalanya, perusahaan menggunakan sumber dayanya secara berlebihan, sehingga muncul ketidak efisienan. Penyebabnya bisa karena kurangnya kontrol terhadap jalannya perusaahan. Efisiensi pada suatu perusahaan saat ini tidak tergantung pada berapa banyak karyawan yang bekerja pada perusahaan tersebut. Sebab seorang karyawan juga mempunyai limit dalam bekerja. Mereka tidak mampu beroperasi dalam jam kerja yang panjang. Oleh karena itu fungsi manusia pada saat ini sebagian besar telah banyak digantikan oleh kemajuan teknologi.

Tekhnologi terbaik yang dibutuhkan perusahaan saat ini adalah tekhnologi yang mampu memberikan efisiensi bagi perusahaan, baik itu efisiensi modal, efisiensi tenaga, maupun efisiensi waktu. Namun tekhnologi tersebut dapat memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan. Misalnya seperti mesin-mesin yang digunakan di pabrik. Mesin-mesin tersebut dapat menggantikan peran manusia dalam menghasilkan produk dalam waktu singkat. Namun bukan berarti peran manusia seutuhnya digantikan oleh mesin. Banyak hal yang bisa dilakukan manusia, sedangkan mesin tidak bisa melakukannya.

Selain penggunaan mesin-mesin, upaya memperbaiki sistem perusahaan dapat juga dilakukan dengan mengikuti tren-tren tekhnologi yang ada di masyarakat. Misalnya seperti :

  • E-Commerce

E-commerce merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, website atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Manfaat E-Commerce adalah semakin meluasnya jangkauan pelayanan pelanggan. Selain itu transaksi tidak perlu dilakukan secara tatap muka. Hal tersebut membuat hubungan antara pemasok dan masyarakat meningkat. Dengan melakukan kegiatan bisnis secara online, perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan. Keuntungan lainnya bahwa e-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang melakukan bisnis di internet akan mengurangi biaya tambahan karena biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional. Hal ini membantu perusahaan dalam meningkatkan keuntungannya. Salah satu jenis bisnis yang mengambil keuntungan dari e-commerce adalah perbankan. Namun dibalik segala manfaat tetap saja terdapat kelemahannya. Antara lain biaya operasional yang tinggi dan belum adanya perangkat lunak yang belum mapan, sehingga masalah keamanan pun masih lemah.

  • Internet

Internet bukanlah hal yang asing lagi di telinga masyarakat. Hampir semua kalangan mengetahuin internet dan dapat mengoperasikannya. Melalui internet, masyarakat bisa mengakses hal-hal yang jauh tanpa harus bertatap muka secara langsung. Hal tersebut juga berlaku dalam dunia bisnis, khususnya bisnis online. Memasarkan produk secara online merukapakn langkah yang tepat, sebab hampir seluruh masyarakat dunia mengakses internet setiap hari. Selain itu, melalui internet transaksi penjualan pun bisa berlangsung sacara jarak jauh, tanpa harus bertatap muka.

Manfaat internet bagi perusahaan adalah menciptakan brand image perusahaan, sebagai sarana pemasaran yang murah, serta alat komunikasi yang praktis.

Refrensi

http://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik

http://ibmpujasanjaya.wordpress.com/2011/06/21/peranan-it-dalam-bidang-niaga-e-commerce/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: